transmisi manual 2

3  TRANSMISI UNTUK KENDARAAN FR ( mesin penggerak belakang )

 

Bentuk dan susunan  dari trasnmisi  bermacam – macam  tergantung  pada jenis kendarannya .  Pada umumnya transmisi terdiri dari bagian – bagian sebagai berikut :

Clutch  Housing

Transmission Case

Input Shaft

Counter Shaft dan Counter Gear

Output Shaft dan Gear

Reverse  Gear

Gear  Shift  Mechanism

Extention Housing

 

 

 

 

SHAFT  GEAR

 

Seperti diperlihatkan  pada gambar transmisi

disebelah kanan adalah saat poros ( shaft )

Dan roda gigi ( gear )  dikeluarkan dari rumah

transmisi  .  Ujung depan input shaft   dan

out put shaft tersusun  segaris  , pada jenis

transmisi  FR .

Umumnya tenaga kombinasi roda gigi  dipin-

dahkan  dari input  shaft ke poros gigi counter

dan roda gigi counter berkaitan tetap dengan

roda gigi pasangan nya pada output shaft .

 

1.   TRANSMISI  UNTUK KENDARAAN  FF

       (  mesin depan , penggerak depan )

Transmisi jenis FF yang digabung menjadi satu dengan differensial  biasa disebut transaxle  .  Transaxle  mempunyai bagian – bagian  utama sebagi berikut  :

Transaxle

Transmission Case

Input Shaft  and  gears

Outpput shaft  and gears

Transmission case cover

Gear Shift Mechanism

Defferensial  assembly

TRANSAXLE   C 50

 

SHAFT DAN GEAR 

 

Mekanisme bagian  dalam transmisi tipe FF hampir sama dengan trasmisi tipe FR .  Seperti terlihat pada gambar di bawah transmisi  tipe  FF tidak mempunyai poros  roda gigi counter ( counter gear  shaft ) dan poros outputnya  langsung menggerakkan differensial .  Tidak seperti halnya  pada transmisi  tipe FR ,  bagian ujung  depan  poros input tidak dihubungkan melalui bearing  ke ujung belakang dari pada poros engkol .

Penting  !

 

Transaxle dilumasi dengan oli roda  gigi , oli roda gigi hypoid , minyak transmisi  otomatis  dan lin – lainnya , dan penggunakan   pelumas yang baik harus  disesuaikan dengan jenis  transmisi  atau mekaninisnya .

Sebelum menambah atau mengganti oli / minyak transmisi , lihatlah pada pedoman reperasi , SDS , atau pedoman pemilik .

 

2.   MEKANISME PENGONTROL  PEMINDAH RODA GIGI

 

Meknisme pengontrol roda gigi ( gear shit control mechnism )  ada dua tipe  :

  • Tipe remote control
  • Tipe direct control

TIPE REMOTE CONTROL

 

Pada tipe  ini transmisi  terpisah dari tuas  pemindah ( shift lever ) yang dioperasikan  oleh pengemudi  .  Dua bagian ini dihubungkan  oleh tangkai , kabel – kabel  dan sebagainya .

Tuas pemindah terletak  di steering column  ( column shift  type )  pada beberapa  kendaraan tipe  FR  atau terletak pada lantai ( Floor Shift Type )  terdapat pada kendaraan tipe FF .

Untuk mencegah getaran dan bunyi mesin langsung ke tuas pemindah maka digunakan insulator – insulator karet .

( 1 )    Tipe Column Shift

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 ( 2 )    Tipe Floor Shift

 

 

TIPE PENGONTROL LANGSUNG ( direct control )

 

Pada mechanisme  pengontrol pemindah gigi tipe ini , tuas pemindah terletak langsung pada transmisi .  Tipe ini umumnya digunakan pada kendaraan tipe  FR dan mempunyai keuntungan jika dibanding tipe remote control , yaitu :

  • Posisi pemindah dapat diketahui lebih mudah
  • Pemindahan gigi  lebih cepat
  • Pemindahan lebih lembut & mudah

About these ads

Posted on April 23, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: