Klep Roller di Honda Tiger, Irit Friksi Kaya Akselerasi

 


Beli jadi pun sudah ada!

Aslinya, Honda Tiger pakai pelatuk klep konvensional. Namun piranti ini bisa diganti pelatuk klep model roller alias roller rocker arm. Tujuannya untuk mengiritkan friksi namun memperkaya akselerasi. “Kem lebih awet. Selain itu, akselerasi juga menjadi lebih mantap,” yakin Joko Sarjono dari John Speed di Jl. Panti Asuhan, No. 31, Jurang Mangu Timur, Ceger, Pondok Aren, Tangerang.

Ada dua pilihan cara ganti rocker arm. Maksudnya, bisa pakai pelatuk klep Bajaj Pulsar 180 DTS-I atau beli jadi part yang sudah dibuat khusus Tiger. Kita bahas yang disebut pertama, pakai milik Pulsar yang butuh penyesuaian terutama panjang pelatuk. Sebab part ini kurang panjang sedikit dari Tiger sehingga perlu diakali. Kalau langsung dipasang, setelan klep nggak center menekan batang klep.


Bentuk kem harus diubah membulat sesuai kebutuhan

Buat akalinya juga ada dua cara. Bisa didukung sim klep atau tambah panjang pelatuk pakai las argon. “Kalau pakai sim, bisa pakai sim klep mesin diesel. Nanti, tinggal pasang aja di ujung batang klep,” ungkap tunner akrab disapa John ini.

Jika kesulitan mencari sim klep diesel, bisa bikin dari baut L5. Ulir baut dipotong habis dan dipakai kepala bautnya aja lalu bentuk sesuai sim klep. Tapi kalau tempuh akali panjang pelatuk, sobat kudu tambah panjang pakai las argon. Tambahnya, sekitar 2 mm. “Saya lebih sarankan pakai sim klep karena lebih safety,” kata pria kelahiran Jogja ini.


Ganjal ring 2 mm di dudukan rocker arm agar center

Penyesuaian lainnya ketika memasang pen pelatuk di kepala silinder. Lebar penampang rocker arm Pulsar tak selebar pelatuk Tiger. Jadi, sisi kiri harus diganjal ring tebal 2 mm. Pelatuk jadi lebih center.

Itu kalau aplikasi rocker arm Tiger. Tapi kalau enggak mau pusing, silakan pasang pelatuk roller yang sudah didesain khusus Tiger. “Ini bukan dari pelatuk Pulsar yang diubah ya. Tapi variasi aftermarket yang memang diperuntukan bagi Tiger,” aku Tunner yang bisa dihubungi di Telepon (021) 68712493.


Pakai sim klep hindari metode las

Harga piranti ini dijual Rp 350 ribu. Oh ya! Ketika pakai pelatuk roller, sobat juga musti ubah profil kem. Bentuk tiap bumbungan kudu membulat. Mengubahnya, juga pakai las argon. Tapi kalau sobat masih juga enggak mau dipusingkan urusan ini dan itu lagi, ya bisa tinggal pesan ke John dan siapkan Rp 650 ribu.

Yuk ganti!

About these ads

Posted on October 14, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: