bab 4 laporan pkl

BAB IV

MATERI KEGIATAN PRAKERIN

 

  1. Jenis/type produk                                : Menjual jasa service dan spare parts.
  2. Jenis pekerjaan                                    : Mengganti plat kopling pada kendaraan type AVANZA merk TOYOTA tahun 2008
  3. Tujuan pekerjaan                                 : Agar bisa memindahkan gigi percepatan dengan normal yang sebelumnya susah karena plat kopling aus.
  4. A.        Alat  yang digunakan  :
  • Kunci ring-pas 10” – 12” – 14” – 17”
  • Kunci ring 12-14, 14-17,
  • Kunci sok 12” – 14” – 17”
  • Tang
  • Obeng

B .       SST  (Spesialis Service Tools)

  1. Center clutch

C.        Alat Ukur

  1. Jangka sorong (vernier caliper)
  2. Bahan yang digunakan :
  • 1 set unit kopling (plat koping, clutch cover, release bearing)
  • Gemuk
  1. Langkah kerja

1)      Membongkar unit  transmisi dan unit kopling

1.            Melepas kabel negatif batere.

2.            Kuras oli  transmisi.

3.            Lepas silinder pembebas.

4.            Lepas kabel kontrol transmisi.

(1)         Lepaskan klip dan cincin.

(2)         Lepaskan penahan dari kabel.

5.      Melepas propeller shaft.

.

6.      Melepas kabel speedometer dan konektor swit lampu mundur.

Kabel speedometer

7.      Melepas support member belakang (penyangga belakang transmisi).

 

Penyangga

 

 

8.      Melepas motor starter dari mesin.

9.      Melepas baut-baut transmisi.

10.  Melepas transmisi.

11.  Tarik keluar transmisi kearah belakang.

12.  Lepaskan transmisi dari kendaraan.

Perhatikan :

Jangan sampai merusak swit lampu mundur.

  1. Lepas penutup kopling dan kopling.
    1. Buatlah tanda pada penutup kopling dan roda penerus.
    2. Kendorkan setiap baut satu putaran pada suatu saat hingga pegas penegang menjadi bebas.
    3. Lepaskan baut pengikat dan tarik penutup kopling bersama dengan plat kopling.

 

 

 

 

 

 

 

Petunjuk : Hati-hati, agar plat kopling tidak terjatuh.

14.  Lepas bantalan pembebas bersama hub, garpu dan boot dari transmisi.

(1)                                  Lepas klip dan lepas bantalan bersama hub.

(2)                                  Lepas pegas penegang (tipe kontrol kabel).

(3)                                  Lepas garpu dan boot.

                                   

 

 

                                    Release Bearing

 

 

 

 

 

 

 

2)      Pemeriksaan Dan Perbaikan Komponen Kopling.

a)      Pemeriksaan plat kopling terhadap keausan atau kerusakan.

Menggunakan vernier caliper (jangka sorong), ukur kedalaman kepala paku keling.

Kedalaman kepala paku keling minimum : 0,3 mm (0,012 in), bila diketahui ada kelainan, ganti plat kopling.

b)      Periksa bantalan pilot (Pilot Bearing).

Putar bantalan dengan tangan, sambil memberikan tekanan pada arah aksial.

Bila bantalan macet atau terlampau besar tahanannya, gantilah bantalan pilot.

Petunjuk :  Bantalan telah dilumasi secara permanen dari pabrik, dan tidak memerlukan pembersihan atau pelumasan kembali.

c)      Mengganti Bantalan Pilot.

Lepaskan bantalan pilot dengan cara masukkan koran basah ke dalam lubang pilot bearing sampai pilot bearing keluar dengan sendirinya.

Catatan : Jangan melepas bantalan kecuali perlu.

d)     periksa Pegas diaphragma terhadap keausan.

Menggunakan Vernier caliper (jangka sorong), ukur kedalaman dan lebar keausan pegas diaphragma.

Limit kedalaman            : 0,6 mm (0,024 in)

Limit lebar                      : 5,0 mm (0,197 in)

e)      Periksa bantalan Pembebas (Release bearing).

Putar bantalan dengan tangan, sambil memberikan tekanan pada arah aksial.

Bila bantalan macet atau terlampau besar tahanannya, gantilah bantalan pilot.

Petunjuk :  Bantalan telah dilumasi secara permanen dari pabrik, dan tidak memerlukan pembersihan atau pelumasan kembali.

3)      Memasang unit kopling

Perhatian : Pasang semua bagian-bagian menurut kebalikan dari urutan pada waktu melepas.

a.          Bersihkan flywheel dan plat penekan (pressure plate) dengan kertas amplas.

b.         Pasangkan Piringan kopling (clutch disc) pada flywheel.

c.          Pasangkan Tutup Kopling (Clutch Cover).

i.       Tepatkan tanda pada tutup kopling dari roda penerus (fly wheel)

ii.         Kencangkan baut pengikat dengan rata dalam beberapa     tahap, sampai tutup kopling terduduk dengan baik.

d.         Lumasi dengan gemuk  pada ujung garpu dan permukaan persinggungan hub pembebas.

e.          Lumasi gemuk  pada alur hub pembebas dan gemuk pada permukaan persinggungan pegas diaphragma.

f.          Lumasi dengan gemuk pada ulir-ulir piringan dan gemuk pada pegas diaphragma.

g.         Pasang boot, garpu dan bantalan pembebas dengan hub pada transmisi.

i.       Pasang boot dan garpu pembebas.

ii.       Pasang pegas penegang (tipe kontrol kabel).

iii.       Klip, amankan bantalan dan hub terhadap transmisi.

 

release fork

4)Pasang Unit Transmisi

Pasang semua bagian-bagian menurut kebalikan dari urutan pada waktu melepas.

Posted on April 30, 2011, in ilmu, pengetahuan umum. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: