Turbojet

Diagram mesin jet

Mesin turbojet adalah mesin jet yang paling sederhana, biasanya dipakai untuk pesawat-pesawat jet awal atau pesawat-pesawat jet berkecepatan tinggi. Contoh dari mesin ini adalah mesin Rolls-Royce Olypus 593 yang digunakan untuk pesawat Concorde. Selain menggerakan pesawat, mesin ini juga bisa dipakai untuk menggerakan kereta api dan kapal laut, contohnya mesin Marine Olympus yang memiliki kekuatan 28.000 hp (daya kuda atau setara dengan 21 MW) yang digunakan untuk menggerakkan kapal perang modern dengan bobot mati 20.000 ton dengan operasi berkecepatan tinggi.

Album

  • Turbojet
  • Animasi axial kompresor. Bilah berwarna gelap adalah stator.

  • Animasi turbojet.

  • Diagram skematik menunjukkan beroperasinya sentrifugal alir mesin turbojet. The compressor is driven via the turbine stage and throws the air outwards, requiring it to be redirected parallel to the axis of thrust.

  • Diagram skematik menunjukkan beroperasinya sentrifugal alir mesin turbojet. Here, the compressor is again driven by the turbine, but the air flow remains parallel to the axis of thrust.

  • Mesin turbojet J85-GE-17A dari General Electric (1970)

  • General Electric J79 dengan komponennya

  • Irisan air start system dari turbojet General Electric J79 . Terlihat jelas turbin mini dan gearnya.

  • Mesin turbojet Rolls-Royce Olympus 593 memiliki kecepatan maksimum Mach 2,04 pada pesawat Concorde

  • Mesin Olympus 593 (seperti yang digunakan pada Concorde) di Museum Bristol Industrial, Bristol, England. Di belakangnya terdapat moncong Concorde dalam ukuran penuh. Sebagai pembanding, tinggi wanita di gambar 1,6 meter.

  • Salah satu mesin jet pada SR-71 Blackbird. Terdapat di Museum Duxford Imperial War, UK.

  • Mesin Pratt & Whitney J58 dari SR-71 Blackbird yang dipajang di Museum Imperial War Duxford.

  • J58 on full afterburner, showing shock diamonds. Mesin turbojet ini bisa mencapai kecepatan Mach 3 pada pesawat SR 71 Blackbird.

  • Mesin turbojet Kolesov RD-36-51 pesawat supersonic Rusia Tupolev Tu-144 di Auto- und Technikmuseum Sinsheim / Deutschland.Kecepatan maksimum mesin ini Mach 2.35; at sea level

Posted on September 12, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: