Mazda Jadikan Sinar Laser Sebagai Pengganti Busi

Jakarta – Pengembangan revolusioner sedang dipersiapkan pabrikan Jepang, Mazda. Sistem pengapian tradisional yang masih menggunakan busi akan ditinggalkan, dan nantinya akan digantikan dengan sinar laser untuk membakar campuran bensin dan udara di ruang bakar.

Teknologi terbaru tersebut akan disematkan pada mesin rotary terbaru dari Mazda, yang disebutkan sebagai jenis khusus sistem pengapian. Ini juga merupakan bentuk dari semangat Mazda yang belum mau menyerah dalam mengembangkan mesin rotary yang memang kurang popular.

Nantinya, mesin rotary dengan pemantik sinar laser tersebut juga akan ditingkatkan kapasitasnya, dari yang sebelumnya 16x 1.304 cc menjadi 16x 1.600 cc berbahan alumunium, tapi dengan dimensi yang secara keseluruhan lebih kecil, sehingga mesinnya tetap kompak.

Para insinyur pengembangan mesin di Mazda hanya memerlukan sebuah lubang kecil di dinding rotary, agar bisa mengalirkan sinar laser dari bahan keramik berukuran diameter 9 mm dan panjang 11 mm, untuk membakar campuran bahan bakar di ruang rotary tersebut.

Menggunakan sinar laser untuk membakar campuran bensin dan udara di ruang bakar memungkinkan pembakaran lebih ramping dan efisien. Sehingga, harapannya bisa semakin presisi dalam mengontrol waktu penyelaan api. Hasilnya, emisi bisa ditekan, begitupun konsumsi BBM.

Posted on October 3, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: