Perderas Aliran Keran Bensin Vakum, Jebol Atau Ganti Baru?


Silakan lepas per

Di motor sekarang, rata-rata sudah pakai keran bensin tipe vakum. Baru membuka ketika mesin sudah hidup. Namun banyak juga yang pengin bensin lebih deras menuju karburator. Apalagi jika aplikasi karbu variasi dan intake manifold racing. Nah, biasanya intake variasi tidak dilengkapi nozzle untuk ke slang vakum.

Sambil nunggu bedug buka puasa tiba, akali agar bensin langsung mengalir tanpa nunggu kevakuman manifold. Ada beberapa cara bisa dilakukan. Lewat cara by pass atau sekalian ganti keran. “Jika tidak ingin keluar uang, mending beli keran manual. Selanjutnya tinggal by pass,” ujar Dayat dari workshop Em-Push di Meruya, Jakarta Barat.

By pass atau melangsungkan aliran bensin di keran vakum Yamaha cenderung lebih mudah. Misal di Mio, cukup buka 5 sekrup tutup keran vakum. “Setelah terbuka, cabut per yang ada di dalam keran,” saran pria yag akrab disapa Ncink Cobra. Ih serem banget.

Itu buat tipe keran yang bisa dibuka. Tapi, buat yang tidak bisa dibuka macam di skubek Honda, Ncink menyarankan untuk merojok bagian dalam keran pakai jari-jari pelek. “Lewat cara ini, pegas dan katup akan rusak. Bensin jadi langsung mengalir,” bilang pria yang juga gape alias jago di urusan bubut ini.

Langkah lainnya, bisa juga melakukan penggantian keran. Misal di Honda BeAT. Bisa pakai keran milik Honda GL-100. “Harga murah dan sudah pasti jaminan bensin bakal lebih lancar mengucur,” katanya mantap.

Posted on October 3, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: