Servis Piston Kaliper, Sikat Pakai Kawat Besi


Debu dan karat lebih mudah diusir sikat kawat

Salah satu sumber masalah rem cakram bagel (nggak pakem) atau seret saat tuas rem difungsikan, piston di rumah kaliper rem enggak mau gerak. Entah itu maju atau mudur menyebabkan kampas rem dan piringan seret jadi panas dan terkikis karena gesekan terus-menerus.

Adapun yang menyebabkan piston kaliper sulit bergerak, biasanya di bagian dalam rumah kaliper mulai ditimbuni banyak kerak debu juga munculnya karat. Apalagi kalau 2 batang penyetabil kampas di rumah kaliper juga seperti itu. Alhasil, rem jadi seret dan rawan bikin cakram melintir akibat kepanasan.

“Untuk mengembalikan kondisinya, piston kaliper mesti diservis biar bergerak kembali lancar. Servis ini meliputi komponen lainnya, seperti batang penstabil, sil juga rumah kaliper,” ujar Sigit Haryanto, mekanik Angrek Custom di Batas Kreo, Ciledug, Tangerang.

Cuma biar enggak salah saat membersihkan piston kaliper, saran Sigit untuk tidak menggunakan ampelas baik yang kasar apalagi yang halus. Sebab menggunakan kertas khusus ini sangat memungkinan permukaan piston kaliper dapat terkikis. Bentuknya bisa tidak bundar lagi akibat sudah terkikis. Bahkan rawan bocor karena sudah tidak lagi mampu dibendung sil O-Ring.

“Mending menggunakan sikat kawat besi biasa atau kawat kuningan, yang tugasnya cuma membersihkan debu atau karat tanpa mengkikis permukaan aslinya. Apalagi purmukaan piston kaliper dikrom hingga sangat tidak mungkin terkikis jika cuma disikat,” lanjutnya.

Pas banget nih! Sambil nunggu buka puasa, bisa tuh dikerjakan sendiri. Caranya kendurkan 2 buat pakai kunci ring 12 untuk copot kaliper. Kalau memang tidak perlu dicuci lagi, langsung usir pakai sikat kawat. Putar piston agar semua bagian kena sikat.

“Ingat, saat bersihkan piston jangan coba tuas rem ditekan abis. Kalau piston keluar, proses kerjanya bisa lama lagi,” imbuh Sigit mengingatkan.

Posted on October 3, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: