Solusi Awal Jika Motor Mati atau Mogok

Ketika motor mogok, usah panik. Beberapa part bisa dicek untuk mendeteksi letak permasalahan. Misalnya, ketika engine sulit untuk distarter. Bahkan ketika hidup pun, dalam hitungan detik mati lagi.

Kondisi ini, bisa dicek lewat seting kerenggangan setelan klep. Jika setelan klep terlalu rapat, bisa membuat motor agak sulit hidup. Dan, kondisinya seperti yang disebut di atas. Mesin cepat panas juga salah satu efek dari setelan klep terlalu rapat.

Cek juga stasioner rpm. Jika setelah mesin hidup lalu grip gas dilepas dan langsung mati, bisa saja karena stasioner terlalu rendah. Sebaiknya, seting stasioner sesuai ketentuan standar. Misal di 1.500 rpm.

Jika engine tidak mau hidup juga, bisa juga pastikan kondisi sekering. Yup, sekering 10 ampere yang biasanya terkoneksi dengan aki alias battery. Jika pengaman ini putus, tentu mesin enggak mau hidup.

Posted on October 3, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: