Honda BeAT Bore Up 150 cc Rawan Bocor Kompresi

Honda BeAT idelanya memang dibore up tidak lebih dari 130 cc. Juga dengan pemakaian ukuran piston maksimal 55 mm. Tentu bukan tanpa sebab, karena BeAT memang punya blok silinder yang kurang lebar.

Kalau dibore up sampai dengan 150 cc, dipastikan juga malah rawan bocor kompresi.  Ini karena liner sangat tipis dan dekat dengan baut blok. Kompresi kerap bocor ke baut blok silinder.

Apalagi kalau piston yang dipakai adalah ukuran 58 mm atau lebih. “Akibat dari itu, gak perlu heran kalau kompresi jadi sering nyebrang ke baut blok silinder,” jelas Rio Teguh, bos tim drag bike dari tim Anker Hariot’s Key Speed Kawahara.

Rio yang sudah  lama langganan andalkan BeAT di lintasan balap trek lurus itu mengalami kebocoran kompresi ketika drag bike di Taman Harapan Indah Bekasi garapan Trendypromo Mandira. Akhirnya BeAT yang langganan juara kelas 155 cc itu tidak naik podium.

Posted on October 14, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: