Obat Vario Susah Hidup


Mulai dari prosedur penyalaan, lanjut ke pengapian, suplai bensin dan udara

Apa yang harus dilakukan bila Honda Vario tiba-tiba susah hidup? Padahal kondisi tangki bensin masih penuh dan aki tidak tekor. Termasuk prosedur menghidupkan dengan benar sudah dijalani. Seperti menekan tuas rem depan-belakang, atau geser posisi standar samping ke atas agar tombol starter dapat berfungsi.

Untuk tahu penyebab Vario susah hidup. obatnya mesti diurut satu per satu. Dimulai dari prosedur penyalaan motor, berlanjut ke komponen pengapian hingga suplai bensin dan udara.

Maman Sugiman alias Boim kepala Instruktur lembaga kursus mekanik Hartomo Mechanical Training Centre (HMTC) Depok, akan mengawal cara atasi skubek Vario dapat hidup mudah.

Kata Boim, pertama kali memastikan fungsi sekelar pengaman di tuas rem dan standar samping berfungsi baik. Sebab kalau tidak terhubung, aliran arus ke pengapian tidak normal. Selain mesin mati total, juga bisa putus-nyambung.

“Biasanya sebab putus-nyambung pengaruh dari luar. Bisa dari debu, kotoran atau air yang masuk ke tombol sakelar,” imbuh Boim yang tugas di Jl. Tole Iskandar No. 9AB, Depok.

 
Maman Sugiman. Cek sistem pengapian lewat api busi

Kalau bukan dari sakelar tuas rem dan tombol starter, saran Boim untuk cek sistem pengapian lewat api busi. Sebab dari api busi, akan tahu semua kondisi pengapian.

Misalkan api tidak biru dan tidak fokus di tengah elektroda. Bisa jadi busi lemah, aki tekor atau ada yang korslet ke bodi. Tapi, kalau tidak keluar api dari kabel busi, kemungkinan besar sepul, CDI atau koilnya rusak.

Pastikan juga bensin dari tangki ke kaburator alirannya lancar. Sebab jika keran vakum tersumbat kotoran, minimnya bensin di bak karburator akan sulit diisap hingga ke ruang bakar.

“Begitu juga filter udara. Kalau kotoran sudah tebal menumpuk, pastinya bikin campuran gas bakar kaya bensin. Dengan komposisi seperti itu, gas bakar pun sulit dipatik api busi. Makanya Vario susah hidup,” tegas Boim yang bisa dikontek di (021) 87744507.

Betul juga. Sebab ketiganya memang syarat mesin bisa hidup.

Posted on October 14, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: