Pelatuk Klep Bajaj Di Tiger, Minimkan Friksi

Untuk meningkatkan tenaga Honda Tiger, silakan lirik pelatuk klep model roller yang dimiliki Bajaj Pulsar. Mampu meminimkan friksi antara pelatuk dengan kem.

“Penyesuaian, terletak di panjang pelatuknya. Ditambah sekitar dua mm dengan cara las babet,” ungkap John dari John Speed di Ceger, Pondok Aren, Tangerang.

Ketika memasang pen, bagian kanan-kiri harus diganjal ring agar penekan batang klep center. Itu karena karena jaraknya penampang pen di kepala silinder Tiger lebih lebar ketimbang pen Bajaj.

Setelah itu, belum bisa langsung pakai ya. Masih ada yang perlu disesuaikan. Yaitu, bentuk atau profil bumbungan klep. Pelatuk klep model roller butuh bentuk membulat. Ini berbeda dengan pelatuk klep konvensional yang didukung kem model ‘lancip’.

Demi membuat profil kem membulat, tidak sedikit dari tunner yang menambah daging lewat metode pengelasan. Kelar dilas, bumbungan kem dibentuk ulang.

Posted on October 14, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: