Pen Per Kopling Otomatis Lemah? Kanibal Per Korek Api Lawas!


Pegas lemah bikin stater gampang ngelos

Motor susah hidup saat tombol motor starter atau, salah satu sebabnya adalah tidak maksimalnya poros kruk-as dipelintir. Sehingga terjadi gejala selip dan susah diajak berputar lebih cepat.

Inti dari persoalan ini, biasanya efek kampas kopling sudah tipis (aus) atau terjadi masalah pada kopling otomatis seperti terjadi di Yamaha Vega R. Kebetulan part itu tepat berada di tengah lingkar dalam rumah kopling sentrifugal.

“Kampas tipis kadang masih suka nyangkut. Kalau kopling otomatis, jika salah satu pegas penekan pen sudah lemah, peranti ini tidak dapat mengunci poros kruk-as agar dapat menggerakkan seher atau piston. Motor pun sulit hidup,” ujar Wahyu, mekanik Pandawa Motor.


Per korek api lawas. Lebih pas!

Untuk atasi masalah itu, biasanya part seperti ini harus ganti semua. Tapi, kalau cuma satu pegas yang lemah, saran Wahyu atasi saja pakai per batu korek api yang punya diameter dan jarak ulir sama dengan aslinya.

“Contoh paling dekat pegas penekan batu korek api model lama, atau yang pakai kapas. Kalau per korek gas terlalu kecil diameternya. Punya pulpen masih terlalu lemas daya tekannya,” imbuh pria praktik di Jl. Bangka Raya (depan Gedung AKA), Mampang, Jakarta Selatan.

Cara pasangnya sama seperti biasa. Cuma biar kerjanya rata, potong pegas seukuran pegas yang masih tinggi atau pakai yang versi standar.

Posted on October 14, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: