Per Klep Ninja 250R Buat Satria F-150

Jika Suzuki Satria F-150 sudah pake CDI unlimiter, bagusnya ganti per klep. Agar klep tidak floating. “CDI standar F-150 maksimal 12.000 rpm. Sedang CDI unlimiter bisa 14.000 rpm, bisa kejadian floating. Per standar enggak bisa menyesuaikan putaran lebih dari 12.000 rpm,” beber Athanasius Ketut Hargunanto atau akrab dipanggil Ketut dari Pro Tunner, Denpasar, Bali.


Beda tinggi dan diameter per(kiri). Tinggal pasang, tapi kemungkinan besar harus dipotong(kanan).

Solusinya Ketut jajal per klep Kawasaki Ninja 250R. Kalau lihat dimensinya sih, pegas valve Ninja 250R lebih tinggi sedikit dari punya Satria F-150. Meski begitu, per klep Ninja 250R tinggal pasang buat F-150. MOTOR Plus jajal dan lihat langsung pemasangannya.

“Pastinya per valve Ninja 250R tetap stabil meski di 14.000 rpm buat Satria F-150 yang pakai CDI unlimiter. Harga per Ninja 250R yang asli Rp 400 ribuan,” ulas Ketut yang bengkelnya di Jl. Imam Bonjol No. 382C, Denpasar.

Tapi, Ketut mengingatkan. Dua Satria F-150 yang pakai CDI racing sudah mengaplikasi cara Ketut, tapi 1 Satria F-150 yang menggunakan per Ninja 250R muncul problem. “Awalnya tak masalah, tapi setelah sering digas pol, klep seperti nyangkut. Kemungkinan per Ninja 250R mesti digerinda supaya ukuran sama seperti spring F-150,” saran Ketut.

Posted on October 14, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: