Waspada Sil Sobek, Oli Yamaha V-Ixion Enggak Naik!


Posisi nyempil bisa dianggap kurang penting

Sepele, tapi sangat berisiko buat Yamaha V-ixion. Sil oli di bak kopling sebelah kanan V-ixion, bisa jadi penyebab oli enggak naik. Pelumas enggak mengalir dan menyemprot ke komponen di kepala silinder. Kem, piston, ring piston dan kruk as pastinya akan muncul gejala hangus.

Erick Ariyanto Suryadi dari bengkel spesialis V-ixion dan Scorpio menemukan masalah itu. Sirkulasi pelumas di kepala silinder V-ixion enggak normal.

“Saya cek semua jalur pelumasan. Hasilnya enggak ada masalah, tapi kenapa piston, ring piston dan kruk-as hangus. Eh, enggak tahunya sil oli,” beber Erick yang dari Meruya, Jakarta Barat.

Ayo cek karet pelindung sistem pelumasan V-ixion. Kalau enggak teliti, mekanik bisa beranggapan kalau sil jalur pelicin V-ixion kurang penting. Apalagi, bentuknya kecil dan posisinya mendam di bagian dalam bak.

“Pernah dapatin silnya sudah hilang. Mungkin waktu dibongkar di bengkel lain sil tersebut mental dan enggak ketahuan oleh mekanik,” beber Slamet, kepala instruktur Yamaha Enginering School.

Ayo kita intip sedikit sil oli bak kopling V-ixion. Di katalog komponen V-ixion kode part sil oli 93210-198F9. Karet pelindung jalur pelicin V-ixion ini masuk dalam daftar komponen crankcase cover 1.

“Sil ini bisa dibeli satuan. Pernah dapat kasus yang sama. Terutama setelah ganti kampas kopling. Rata-rata V-ixion dibawa ke bengkel yang mekaniknya enggak paham jalur pelumasan V-ixion,” ungkap Slamet yang berkantor di DDS Yamaha, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Penyebab pelumas enggak sempurna mengisi jalur sirkulasi oli ke kepala dan ruang silinder karena sil sobek. Kalau dilihat sepintas sih, karet pelindung itu enggak ada masalah. Hanya kelihatan ada sedikit bagian yang terkelupas.

Tapi, setelah sil dicabut baru deh ketahuan kalau sil sudah sobek. Per yang ada di dalam sil, juga jelas kelihatan. Padahal, fungsi sil sebagai penahan jalur oli supaya enggak rembes ke bagian lain.

Kalau ada rembesan berarti volume pelicin ke ruang bakar akan berkurang. Kalau berkurang debit pelicinnya, otomatis pendinginan di mesin enggak sempurna. Panas dari ledakan di ruang bakar dan gesekan antar komponen dibiarkan sedikit pelumasan.

Kalau sudah begitu, pelumasan yang enggak sempurna akan berakibat fatal. Paling parah komponen di kepala dan blok silinder akan kejadian macet. Mesin jadi amburadul. Biaya pun tekor cuma karena sil oli.


Sobek sampai kelihatan per

“Kalau sudah sobek dan sampai kelihatan pernya berarti ada oli yang merembes keluar dari jalur pelumasan. Kondisi seperti ini karena pemasangan bak koplingnya,” ungkap Slamet.

Sil bisa sobek karena faktor perlakuan pemasangan bak kopling yang enggak teliti. Kalau dicek, posisi sil bisa searah dengan as girboks. Malah, pemasangan yang asal, as akan menekan keras sil.

“Pemasangan bak kopling sebaiknya dipaskan dulu. Kalau sudah pas, dorong bak kopling perlahan. Tujuannya untuk menghindari sil enggak sobek,” jelas Slamet yang murah senyum.

Seandainya sobat pengguna V-ixion mengalami gejala oli enggak naik ke ruang bakar, sebaiknya jangan berpikir panjang. Juga jangan beranggapan dulu ada masalah sama penggunaan oli atau jalur sirkulasi yang bermasalah

Termasuk juga waspada sewaktu melakukan pemasangan atau penggantian komponen yang bisa bikin crankcase cover dibuka. Pastikan Jangan sampai waktu pemasangan cover crankcase menyobek sil.

Posted on October 14, 2011, in ilmu, otomotif. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: